Thursday, June 25, 2009

Blog, Blogger dan New Wave Marketing



Apa itu "new wave marketing" dan apa hubungannya dengan blog dan blogger?

Saya bukan pakar pemasaran.

Saya bukan Pak Hermawan Kartajaya, sang "guru" pemasaran Indonesia yang menulis 100 artikel soal new wave marketing di koran Kompas. Saya, tentu saja, juga tidak mungkin bisa menjelaskan tema besar ini dengan gamblang atau serenyah Pak Hermawan.

Saya sekedar blogger. Sebagai blogger, saya cuma melihat ada selisik celah peluang bagi para blogger dalam diskusi soal gelombang baru pemasaran ini.

Ya, hemat saya, sebagai blogger nampaknya kita bakalan punya daya tawar menawar cukup tinggi di era new wave marketing.

Kenapa?

Karena blog dan blogger, bersama forum online, message boards, wiki, podcast, picture-sharing, vlogs, instant messaging, music-sharing, social bookmarking dan crowdsourcing, nantinya akan menjadi ujung tombak era new wave marketing.

Sebenarnya apa sih new wave marketing? ...


Secara sederhana, new wave marketing adalah sebuah kecenderungan terkini di dunia pemasaran dimana pemasar kini tidak bisa lagi menjadikan konsumen sebagai semata “obyek penderita”, melalui serbuan iklan TV, radio dan koran dengan arah "one-way" dan bersifat "one-to-many". Lahirnya media baru seperti blog, forum online, message boards, wiki, podcast, picture-sharing, vlogs, instant messaging, music-sharing, social bookmarking dan crowdsourcing kini memungkinkan konsumen untuk berinteraksi secara secara intens, membentuk komunitas, mengekspresikan aspirasi, bisa curhat dan berkeluh-kesah dengan leluasa. Berkat media-media baru inilah new wave marketing yang berarah two-way dan bersifat ”many-to-many” lahir.

Tahun depan, nyaris semua pelaku bisnis yang menyadari perubahan gaya pemasaran ini akan mati-matian menggunakan media-media baru, termasuk blog, dalam taktik strategi pemasaran mereka. Dengan kata lain, blog dan blogger punya peluang luar biasa besar untuk urun peran dalam gelombang pasang pemasaran baru ini.

Nah, sudah siapkah Anda sebagai blogger untuk menjadi tokoh utama dari sebuah episode sejarah yang bernama new wave marketing? Atau dengan ungkapan yang lebih lugas: "Sudah siapkah Anda menyongsong datangnya gelombang rezeki besar ini dengan blog Anda?"

Jika belum, tidak ada kata terlambat. Kenapa tidak memulai saat ini dan dari diri sendiri. Paling tidak masih ada waktu dua bulan untuk memulai sebelum kita menginjak tahun 2009. Jika belum punya blog, mulailah belajar membuat blog. Jika sudah punya blog, mulailah belajar meningkatkan kualitas blog Anda. Satu hal yang pasti (dan saya sangat meyakininya): tahun depan aktivitas blogging dan profesi blogger akan semakin dihargai.

Menjadi blogger, ringkasnya, adalah sebuah kehormatan. Bukan keterpaksaan. Apalagi aib. :)

Bagaimana menurut Anda? Sudah siap turut menikmati kue new wave marketing? :)

Just my two cents.

No comments:

Post a Comment